You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Nagreg

Kec. Nagreg, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat

Padat Karya Tunai Normalisasi Kali Cigorowong


Padat Karya Tunai Normalisasi Kali Cigorowong

Pada Hari Rabu (14/8), Pemerintah Desa Nagreg telah melaksanakan Program Padat karya Tunai yang berlokasi di Aliran Kali Cigorowong Desa Nagreg Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung.

Padat Karya Tunai merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal yang bersifat produktif, dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah/pendapatan, meningkatkan daya beli, mengurangi kemiskinan, dan sekaligus mendukung penurunan angka stunting.  Ini adalah program arahan langsung dari presiden, yang dilaksanakan untuk seluruh desa di Indonesia.

Maksud dan tujuan pelaksanaan program padat karya tunai adalah penciptaan lapangan kerja melalui kegiatan pembangunan secara swakelola dan padat karya tunai serta untuk memupuk rasa kebersamaan, gotong royong dan partisipasi masyarakat Desa.

Dampak yang diharapkan dari program ini adalah tersedianya lapangan kerja dan usaha bagi penganggur, setengah penganggur dan masyarakat miskin. Dampak lainnya yaitu  tumbuhnya rasa kebersamaan, keswadayaan, gotong-royong dan partisipasi masyarakat. Terkelolanya potensi sumber daya lokal secara optimal, turunnya jumlah balita kurang gizi (stunting) di Desa, Terjangkaunya (aksesibilitas) masyarakat Desa terhadap pelayanan dasar dan kegiatan sosial-ekonomi, dan Turunnya arus migrasi dan urbanisasi.

Bagikan artikel ini:
Komentar